
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 IPA (KELAS 4)
NO. |
TEMA |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
||||||||
PG |
ISIAN |
URAIAN |
|||||||||||
1
|
6
|
3.2. |
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
|
3.2.1 Siswa dapat menjelaskan pengertian daur hidup dengan tepat
|
√ |
|
|
1 |
|
||||
Disajikan tahapan siklus hewan secara acak 3.2.2 Siswa dapat mengurutkan tahapan siklus pertumbuhan hewan tersebut dengan tepat
|
√ |
|
|
2 |
|
||||||||
Disajikan dua gambar hewan 3.2.3 Siswa dapat membandingkan siklus hidup kedua hewan tersebut dengan benar |
√ |
|
|
3 |
|
||||||||
Disajikan siklus daur hidup hewan tertentu 3.2.4. Siswa dapat menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi jika suatu fenomena kegiatan manusia mempengaruhi siklus tersebut.
|
√ |
|
|
4 |
|
||||||||
Disajikan pernyataan, 3.2.5. Siswa dapat menentukan contoh hewan yang mengalami metamofosis sempurna dengan benar
|
√ |
|
|
5 |
|
||||||||
3.2.6. Siswa dapat menyimpulkan salah satu fase metamorfosis yang mempengaruhi kegiatan manusia
|
√ |
|
|
6 |
|
||||||||
Disajikan pernyataan, 3.2.7. Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang mengalami metamofosis tidak sempurna dengan benar
|
√ |
|
|
7 |
|
||||||||
Disajikan proses metamorfosis rumpang hewan tertentu 3.2.8. Siswa dapat menentukan tahapan selanjutnya dari proses metamorfosis tersebut dengan tepat |
√ |
|
|
8 |
|
||||||||
Disajikan tabel nama hewan, 3.2.9. Siswa mampu mengklasifikasikan hewan berdasarkan jenis metamorfosisnya dengan benar |
√ |
|
|
9 |
|
||||||||
Disajikan pernyataan, 3.2.10. Siswa dapat menentukan upaya manusia dalam menjaga pelestarian makhluk hidup dengan tepat
|
√ |
|
|
10 |
|
||||||||
2 |
7 |
3.3 |
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan |
Disajikan sebuah pernyataan, 3.3.1. Siswa dapat menjelaskan pengertian gaya
|
√ |
|
|
11 |
|||||
Disajikan sebuah peristiwa, 3.3.2. Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap suatu benda.
|
√ |
|
|
12 |
|||||||||
Disajikan pernyataan, 3.3.3. Siswa dapat menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi pada percobaan gaya listrik tersebut dengan tepat. |
√ |
|
|
13 |
|||||||||
Disajikan tabel pasangan kegiatan dan gaya yang digunakan, 3.3.4. Siswa mampu menentukan jenis gaya yang digunakan pada kegiatan dengan benar
|
√ |
|
|
14 |
|||||||||
Disajikan gambar, 3.3.5. Siswa dapat membandingkan sifat gaya magnet pada kedua gambar dengan tepat
|
√ |
|
|
15 |
|||||||||
Disajikan gambar, 3.3.6. Siswa dapat menentukan jenis gaya yang digunakan dengan tepat |
√ |
|
|
16 |
|||||||||
Disajikan pernyataan, 3.3.7. Siswa dapat menentukan jenis gaya yang digunakan dengan tepat
|
√ |
|
|
17 |
|||||||||
Disajikan gambar, 3.3.8. Siswa dapat menentukan pengaruh permukaan benda terhadap gaya gesek dengan benar |
√ |
|
|
18 |
|||||||||
Disajikan gambar alat elektronik, 3.3.9. Siswa dapat menentukan perubahan energi listrik dengan benar |
√ |
|
|
19 |
|||||||||
Disajikan beberapa gambar kegiatan, 3.3.10. Siswa dapat menentukan gaya yang dimanfaatkan dengan tepat
|
√ |
|
|
20 |
|||||||||
3 |
8 |
3.4 |
Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar. |
3.4.1. Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak dengan tepat |
√ |
|
|
21 |
|||||
Disajikan tabel, 3.4.2. Siswa dapat membedakan gaya dan gerak dengan benar |
√ |
|
|
22 |
|||||||||
Disajikan pernyataan, 3.4.3. Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda bergerak menjadi diam dengan tepat
|
√ |
|
|
23 |
|||||||||
Disajikan dua gambar 3.4.4. Siswa dapat membandingkan pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan benar |
√ |
|
|
24 |
|||||||||
Disajikan tabel, 3.4.5. Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap perubahan bentuk benda dengan benar |
√ |
|
|
25 |
|||||||||
Disajikan pernyataan, 3.4.6. Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda bergerak menjadi diam dengan tepat
|
√ |
|
|
26 |
|||||||||
Disajikan pernyataan, 3.4.7. Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap benda diam menjadi bergerak dengan tepat
|
√ |
|
|
27 |
|||||||||
Disajikan gambar, 3.4.8. Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap perubahan arah gerak benda dengan tepat |
√ |
|
|
28 |
|||||||||
Disajikan gambar, 3.4.9. Siswa dapat menjelaskan istilah dari suatu yang mengakibatkan benda dikenainya bergerak dengan benar |
√ |
|
|
29 |
|||||||||
3.4.10. Siswa dapat menjelaskan pengaruh berat benda terhadap gaya yang diberikan dengan benar |
√ |
|
|
30
|
|||||||||
4 |
9 |
3.5 |
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. |
3.5.1. Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan air untuk memenuhi pasokan listrik dengan tepat |
√ |
|
|
31 |
|||||
Disajikan pernyataan, 3.5.2. Siswa dapat menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi jika ketersediaan air berkurang dalam rangkaian sistem PLTA dengan benar |
√ |
|
|
32 |
|||||||||
3.5.3. Siswa dapat menyebutkan energi terbesar di bumi dengan benar |
√ |
|
|
33 |
|||||||||
Disajikan tabel, 3.5.4. Siswa dapat menentukan contoh sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dengan tepat |
√ |
|
|
34 |
|||||||||
3.5.5. Siswa dapat mentukan perubahan energi yang terjadi pada penggunaan gas LPG dengan tepat. |
√ |
|
|
35 |
|||||||||
Disajikan dua gambar, 3.5.6. Siswa dapat membandingkan perubahan energi dengan benar |
√ |
|
|
36 |
|||||||||
Disajikan tabel, 3.5.7. Siswa dapat menentukan dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia dengan benar |
√ |
|
|
37 |
|||||||||
Disajikan tabel, 3.5.8. Siswa dapat menentukan contoh penggunaan sumber energi alternatif dengan tepat |
√ |
|
|
38 |
|||||||||
Disajikan pernyataan , 3.5.9. Siswa dapat menjelaskan istilah dari bahan bakar bio yang menggantikan bensin atau premium dengan benar |
√ |
|
|
39 |
|||||||||
Disajikan gambar 3.5.10. Siswa dapat mentukan perubahan energi yang terjadi pada panel surya dengan benar |
√ |
|
|
40 |
|||||||||
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 6 2023 - K13
KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Jenjang Sekolah : SD
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 5 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023 – 2024 Mata Pelajaran &n
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 4 2023 - Kumer
KISI-KISI SOAL ASESMEN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV (EMPAT) TAHUN 2023/2024 No Tujuan pembelajaran Mater
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 3 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS III ( TIGA ) NO KOMPETENSI DASAR
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 2 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jumlah Soal : 25 Soal &
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 1 2023 - Kumer
ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER I PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS I ( SATU ) NO TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI INDI
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 2 (KELAS 5)
No Kompetensi Dasar Indikator Soal Bentuk Soal No. Urut Soal 1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 1 (KELAS 5)
NO MUATAN KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NOMOR SOAL SKOR 1 PPKN 3.4 Menggali manfaat persatuan da
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 2 (KELAS 5)
KD MATERI INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NO SOAL MUATAN I P S 3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 1 (KELAS 5)
No. Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Indikator Soal Bentuk Soal PG/Isian/Uraian No Soal 1. 3.3 Menelaah keberagaman sos